PROLOG

Reader response atau reader response criticsm merupakan sebuah teori yang di kembangkan oleh berbagai macam ahli dan kritikus sastra. Teori ini mempunyai berbagai macam makna tergantung pada orang yang mengembangkannya. Meskipun demikian secara umum teori ini menawarkan sebuah teori tentang bagaimana mendapatkan makna dari sebuah text oleh pembaca, serta bagaimana pembaca menginterpretasikan text tersebut. Dalam teori ini hubungan antara pembaca dengan text sangat penting – karena text tanpa pembaca akan tidak berarti atau dalam kata lain text tidak ada tanpa pembaca. Sebuah text tidak akan hidup tanpa pembaca. Banyak yang missinterpretasi mengenai teori reader response. Banyak yang mengatakan bahwa teori ini memberikan jalan bagi berbagai macam (semua) interpretasi akan text. Meskipun interpretasi dalam teori ini sangat dibuka lebar dibandingkan pada teori formalis dan strukturalis, bukan berarti setiap interpretasi itu valid.

Selanjutnya harus diketahui tentang komunitas interpretif, yang merupakan sebuah grup dimana mereka telah sepakat pada beberapa elemen text sebagai sesuatu yang lebih signifikan dari yang lain. Seperti komunitas paham feminis yang sangat mengedepankan pemikiran feminis. Dalam kelompok ini gambaran feminitas akan sangat menarik dibandingkan hal lain seperti gambaran maskulin. Oleh karena itu orang-orang yang berada dalam paham feminisme akan membaca sebuah text sesuai dengan nilai-nilai feminis yang mereka pahami. Sehingga text dengan berbagai macam nilai didalamnya akan sangat bernilai dengan atau jika dibaca oleh komunitas interpretif sebagaimana contoh diatas. meskipun demikian validitas sebuah text akan sangat ditentukan oleh komunitas interpretif yang men-decode text tersebut.

Reader response juga diibaratkan sebagai cara di mana sebuah komunitas hakim menafsirkan hukum. Ketika seorang hakim disajikan dengan kasus, dia tidak hanya diharapkan untuk menegakkan hukum, tetapi juga untuk menafsirkan hukum. Interpretasi hukum adalah kunci, dimana kadang interpretasi itu merefleksikan seorang hakim apakah hakim itu seorang yang konservatif, moderat atau liberal.

Dalam reader response, pembaca dan atau komunitas interpretive yang akan menjudge sebuah text. Proses ini akan meberikan warna kehidupan dalam sebuah text. Teori reader response akan memperlihatkan berbagai macam interpretasi dari berbagai macam komunitas pada sebuah text, dan tentunya dengan proses tersebut diharapkan nilai sebuah karya atau text dapat disingkap.

Advertisements